Header AD

Ayo Pakai Produk Dalam Negeri

72 tahun indonesia
Tak terasa bangsa Indonesia telah mencapai kemerdekaan selama 72 tahun. Pada saat itu bangsa Indonesia belum memasuki era digital, dimana segala informasi yang didapat melalui radio atau surat kabar. Walaupun begitu antusiasme bangsa Indonesia sangat besar yaitu pada saat bung karno membacakan teks proklamasi. Peristiwa yang sangat penting itu disebarluaskan melalui radio, surat kabar, dan setiap transportasi umum ada tulisan kemerdekaan.
digital kangmas ulul

Saat ini indonesia memasuki era digital. Di era ini, segala kemudahan didapat dan kebebasan mendapatkan atas segala informasi hanya dalam genggaman kita. Hal ini sangat memudahkan pekerjaan masyarakat, akan tetapi ini dapat membuat kita menjadi perilaku konsumtif, hanya pemakai produk bukan pembuat. Kita menjadi malas keluar rumah, contohnya adalah kita lapar tapi malas keluar akhirnya kita pesan makanan lewat aplikasi ojek online atau delivery. Kita lebih aktif di dunia maya tetapi, menjadi pendiam di dunia nyata. Kita lebih suka memakai aplikasi pesan instan buatan negara lain, dari pada membuat aplikasi tersebut atau memakai aplikasi buatan dalam negeri. Padahal aplikasi buatan dalam negeri ada yang lebih edukatif dan patut dibanggakan seperti halnya ada game  buatan mahasiswa berpestasi asal Universitas Trunojoyo Madura yang berhasil menjadi Juara 1 Nasional dan Juara 2 Dunia kategori Game di ajang Microsoft Imagine Cup World Final 2016 di Seattle Amerika Serikat. Aplikasi buatan indonesia lainya adalah litebig.

trunojoyo kangmas ulul

Kedua aplikasi tersebut adalah contoh buatan para anak bangsa yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah, akhirnya aplikasi tersebut kalah saing di negeri sendiri, walaupun awalnya menjadi tren tetapi hanya beberapa saat. Hal ini sangat buruk jika terus terjadi karena kita menjadi kalah dengan negara yang sudah terhadap produk dalam negeri yang sudah mendunia. hal ini juga membuat bangsa indonesia sebagai konsumen bukan pembuatan dan akan terus terjadi kita anak muda terus diam dan menikmati produk dalam negeri. Sejatinya suatu negara akan maju jika anak muda mau bergerak agar terjadinya perubahan yang baik demi bangsa Indonesia. Mulai dari sekarang dukung dan kita lakukan perubahan dengan cara Gerakan Cinta Produk Indonesia, pasang aplikasi buatan indonesia di ponsel kita, dan juga kita mengajak rekan-rekan kita agar membuat terobosan terbaru agar tidak kalah dengan negara lain. Tinggalkan gadget beberapa saat kita gunakan untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. 
Terima Kasih.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru
Ayo Pakai Produk Dalam Negeri Ayo Pakai Produk Dalam Negeri Reviewed by kangmas ulul pridias on Agustus 06, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD